Bahan Pembersih Sofa Yang Sering Dijumpai Di Rumah

pembersih sofa

Untuk membersihkan sofa, produk pembersih sofa apa yang Anda pakai? Bisa kita lihat, banyak sekali produk pembersih yang dijual di toko-toko perlengkapan rumah tangga dan pasar swalayan yang bisa kita pilih. Namun tahukah Anda, selain produk-produk tersebut, ada juga bahan lain yang bisa Anda buat sendiri? Beberapa bahan ini bahkan mungkin juga sudah ada tersimpan di rumah Anda.

Bahan Pembersih Sofa Kain

Percaya atau tidak, beberapa bahan yang tersedia di rumah Anda memiliki manfaat lain untuk membersihkan sofa kain ruang tamu Anda. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Detergen Cair Lembut

Untuk membuat larutan ini sangatlah mudah, Anda pasti juga bisa mencobanya sendiri. Caranya, cukup campurkan sedikit detergen dengan air hangat lalu aduk-aduk sampai rata untuk menghasilkan busa melimpah.

2. Cuka

Pembersih sofa lain yang bisa dengan mudah Anda jumpai adalah cuka. Bahan ini cocok digunakan dan terbilang efektif menghilangkan noda pada sofa. Setelah penggunaan cuka, bilaslah permukaan sofa dengan air sabun hingga bersih lalu buka jendela atau nyalakan kipas angin agar bau cuka tidak menyengat.

3. Air Berkarbonasi

Selain dua bahan diatas, Anda juga bisa memilih menggunakan air berkarbonasi untuk menghilangkan noda membandel pada badan sofa, khususnya noda bekas minuman dan darah. Anda hanya perlu tuang sedikit air berkarbonasi pada titik noda lalu gunakan lap kering untuk membersihkan dan menghilangkan noda.

4. Pasta Baking Soda

Untuk memakai pasta baking soda, sebelumnya usahakan noda telah mengering dengan sempurna. Oleskan pasta secukupnya untuk membersihkan noda kopi, setelah itu tunggu selama beberapa jam. Kemudian akhiri proses pencucian noda dengan membersihkannya memakai vacuum cleaner.

5. Tisu Basah

Tisu basah bisa Anda gunakan untuk menyeka bagian sarung sofa yang kotor. Kandungan tisu basah yang lembut tidak akan membuat permukaan sofa rusak. Begitu pula teksturnya yang cukup kering sehingga membuatnya tidak berisiko menyebabkan permukaan sofa menjadi terlalu basah.

Tips Membersihkan dan Mencuci Sofa Berbahan Kain

Setelah mengetahui bahan-bahan pembersih untuk sofa, berikut adalah tips-tips untuk membersihkan dan mencuci sofa bahan kain yang perlu Anda ketahui:

1. Kenali Jenis Sofa Kain

Meskipun terdengar sepele, akan tetapi hal ini penting untuk dilakukan sebelum sofa dibersihkan ataupun dicuci. Sebab beberapa jenis sofa kain membutuhkan perlakuan khusus untuk membersihkannya. Dengan mengetahui jenis sofa kain ini, Anda bisa menentukan cara dan bahan atau produk pembersih yang tepat digunakan untuk membersihkan sofa.

2. Sedot Debu Secara Menyeluruh

Setelah memahami cara membersihkan yang benar dan pembersih sofa apa yang cocok digunakan. Selanjutnya, sedot debu di permukaan sofa secara menyeluruh memakai vacuum cleaner khusus untuk sofa kain. Sedot debu dan kotoran dari satu arah, awali dari atas ke bawah dan lakukan secara perlahan. Sebab jenis sofa kain cenderung sensitif, terutama kain jenis sutra, linen dan beludru sehingga harus dibersihkan secara lembut.

3. Lepaskan Aksesoris Sofa

Sebelum membersihkan dan mencuci sofa secara menyeluruh, lepaskan terlebih dulu semua aksesoris yang terpasang di sofa. Mulai dari kain penutup bantalan sofa, bantal sofa dan bagian-bagian lainnya yang bisa dilepaskan.

4. Bersihkan Noda

Untuk membersihkan permukaan sofa kain yang ada nodanya, gunakan detergen lembut untuk membersihkan. Pilih pembersih yang sesuai dengan kain sofa agar noda yang membandel segera terangkat dan warna tidak pudar. Sikat atau gosok bagian sofa yang terdapat noda dan basahi menggunakan air detergen. Hindari pembersih bahan silikon agar permukaan kain sofa tidak kaku dan kasar.

Itulah tips dan bahan-bahan pembersih sofa yang bisa Anda gunakan menghilangkan noda dan kotoran pada sofa. Bahan-bahan tersebut bukan hanya mudah dijumpai di rumah, namun juga tidak kalah efektif dari produk siap pakai lainnya.

Untuk noda yang membandel, Anda butuh produk pembersih khusus. Ada baiknya Anda hubungi jasa cuci sofa profesional.

Bahan Pembersih Sofa Yang Sering Dijumpai Di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat