Begini Cara Mudah Untuk Cuci Springbed yang Benar

cuci springbed

Springbed terasa gatal dan tidak nyaman? Mungkin itu artinya Anda sudah harus cuci springbed karena debu dan kotorannya yang sudah banyak menumpuk.

Tidur di atas springbed kotor memang tidak mengenakkan, berbeda dengan springbed bersih yang akan terasa nyaman, empuk dan wangi. Untuk itulah agar tidur berkualitas, Anda juga harus menjaga kebersihan springbed dengan teratur mencucinya.

Peralatan Untuk Cuci Springbed

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara mencuci springbed, lebih dulu Anda harus tahu apa saja peralatan yang akan dibutuhkan untuk mengerjakannya. Maka dengan begitu, Anda bisa menyiapkannya lebih dulu sebelum mencuci springbed.

Nah, berikut ini adalah peralatan dan bahan untuk cuci springbed yang umum digunakan:

  • Alat penyedot debu
  • Kain mikrofiber atau kain lap bersih atau handuk kecil
  • Larutan sabun atau sabun cair
  • Pewangi pakaian atau softener
  • Sikat
  • Spons atau kanebo
  • Hair dryer atau kipas angin

Cara Mudah Mencuci Springbed

Nah, setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan, kini saatnya Anda mencuci springbed hingga bersih. Bagaimana caranya? Perhatikan berikut ini:

1. Lepaskan Sprei

Pertama-tama, lepaskan sprei dan singkirkan semua benda yang menutupi atau berada di atas springbed. Pindahkan bantal dan guling serta selimut dan apapun yang menghalangi proses pencucian. Bila perlu, gantilah juga semua itu dengan yang baru dan bersih, mulai dari sprei hingga sarung bantal. Ini bertujuan agar barang-barang tadi tidak lagi mengotori springbed telah dibersihkan.

2. Bersihkan Debu

Setelah sprei dan penutup lainnya dilepaskan, selanjutnya bersihkan debu yang menempel pada springbed. Cara ini sangat penting dilakukan sebelum springbed dicuci. Sebab jika tidak dibersihkan lebih dulu, nantinya debu malah akan kian rekat menempel dan springbed susah untuk dibersihkan. Untuk membersihkan debu ini, Anda bisa gunakan lap kering, kemoceng atau sapu ijuk.

3. Sikat Permukaan Springbed

Cara cuci springbed selanjutnya ialah dengan menyikat permukaannya memakai sikat berbulu halus dengan larutan air sabun. Anda bisa memulainya dari bagian yang paling kotor lalu gosok-gosok satu arah hingga noda dan kotoran hilang. Saat menyikat springbed, pastikan sikat yang dipakai tidak mengandung banyak air. Dengan setiap kali sikat di masukkan ke dalam larutan air, usahakan untuk ketuk-ketuk terlebih dulu sikatnya supaya tidak terlalu basah dan malah membuat springbed ikut basah dan lembab.

4. Bilas Springbed

Untuk membilas springbed setelah selesai disikat, Anda tidak bisa melakukannya dengan cara diguyur menggunakan air. Tetapi Anda hanya cukup mengusap dan mengelap permukaannya hingga agak mengering. Caranya, masukkan spons atau kanebo ke larutan pewangi atau softener lalu peras hingga airnya tidak menetes. Usap dan lap permukaan springbed memakai spons beberapa kali kemudian lap dengan kain lap kering agar kandungan air bisa diserap.

Sebagai catatan, jangan menunggu semua permukaan springbed selesai disikat baru dibilas. Anda harus melakukan pembilasan ini per bagian yang disikat, jadi setiap kali Anda selesai menyikat satu sisi, segera bilas sebelum sabun kering.

5. Keringkan Springbed

Terakhir, keringkan springbed sampai benar-benar kering agar tidak ditumbuhi kuman dan jamur. Anda bisa mengeringkannya dengan cara menjemur di bawah sinar matahari, menggunakan hair dryer atau menggunakan kipas angin. Setelah springbed kering, sebaiknya bersihkan kembali dengan penyedot debu lalu baru kemudian tutup dengan sprei dan atur kembali.

Itulah langkah-langkah membersihkan springbed yang juga diterapkan oleh jasa cuci springbed profesional.

Yang terpenting saat cuci springbed, jangan sampai membuatnya terlalu basah dan juga pastikan untuk mengeringkannya sampai benar-benar kering. Barulah dengan begitu, springbed dapat benar-benar bersih, nyaman dan bebas dari kotoran juga tungau.

Begini Cara Mudah Untuk Cuci Springbed yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat