Cari Sofa Minimalis Untuk Hunian? Inilah Tips Memilihnya!

sofa minimalis

Bingung cari sofa minimalis yang tepat untuk hunian? Memiliki bentuk yang simpel dan ukuran tidak terlalu besar memang membuat jenis sofa ini begitu diminati para milenial untuk hunian baru mereka. Itu sebabnya, kini sofa bergaya minimalis menjadi salah satu furniture paling diburu.

Masalahnya, tidak semua jenis sofa ini cocok untuk setiap hunian. Jadi Anda tidak boleh sembarangan dalam memilihnya.

Tips Memilih Sofa Minimalis

Ketika memilih sofa terutama yang bergaya minimalis, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih. Nah, berikut adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan untuk memilihnya:

1. Ketahui Apa Fungsi Sofa

Sebelum memilih sofa, pastikan Anda tahu apa fungsi dan tujuan sofa akan dibeli. Apakah untuk ditempatkan di ruang tamu, ruang keluarga, didalam kamar atau di luar ruangan. J

ika sofa tersebut berfungsi untuk sofa ruang tamu, akan lebih baik pilih yang muat diduduki 4 orang dan dengan desain yang sedikit formal. Sedangkan bila ingin membeli sofa sebagai tempat bersantai, Anda bisa memilih yang sesuai keinginan.

2. Perhatikan Jenis dan Ukuran Sofa

Tujuan membeli sofa minimalis adalah agar ruangan dapat terlihat lebih luas dan lapang dari aslinya. Untuk itu, selain memilih sofa sesuai fungsi, Anda juga harus memastikan jenis sofa agar tidak terlalu memakan tempat.

Sebagai contoh, jenis sofa bentuk L akan cocok bila ditempatkan di sudut ruang tamu. Atau jenis sofa bed akan tepat diletakkan pada ruangan yang sempit. Selain itu, pastikan juga ukuran sofa dan ruangan sesuai agar tidak terkesan lebih sempit.

3. Sesuaikan Dengan Tema Ruangan

Agar sofa dan ruangan dapat terlihat selaras, Anda harus memilih yang sesuai dengan tema yang diterapkan. Dengan begitu, tampilan sofa dan ruangan akan terkesan senada dan harmonis sehingga enak dipandang. Misalnya, jika Anda memiliki ruangan yang sempit, sebaiknya hindari sofa dengan corak mencolok dan pilih yang berwarna netral atau pastel untuk kesan yang natural.

4. Perhatikan Bahan Yang Digunakan

Perlu Anda ketahui, bahan pelapis sofa ada banyak sekali macamnya mulai dari polyester, kulit asli maupun sintetis, beludru, oscar dan lainnya. Pahami bahan sofa apa yang cocok untuk hunian Anda. Misal jika di rumah ada anak kecil, maka sofa dengan pelapis sintetis bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jenis Sofa Minimalis

Ada berbagai macam jenis sofa minimalis yang bisa Anda jumpai di pasaran, apa saja itu? Berikut beberapa diantaranya yang bisa Anda pilih:

  1. Sofa 2 Seater

Sesuai namanya, jenis sofa ini memiliki kapasitas untuk diduduki oleh dua orang saja. Jadi sangat ideal untuk ditempatkan di ruangan yang tidak begitu besar, termasuk di kamar tidur dan ruang keluarga. Dengan sofa 2 seater, Anda bisa bersantai menonton film atau duduk-duduk bersama keluarga.

  • Sofa Bentuk L

Jenis sofa ini memiliki bentuk mirip huruf L saat ditempatkan didalam ruangan, karena itulah sofa ini kerap disebut dengan nama sofa bentuk L. Sofa yang satu ini mempunyai dua jenis pilihan, yaitu sofa dengan extraseat dan sofa dengan extension seat. Jenis sofa ini sangat cocok ditempatkan di ruang tamu minimalis dengan kapasitasnya yang cukup untuk 4-5 orang.

  • Sofa Bed

Tidak hanya digunakan sebagai tempat duduk, jenis sofa ini juga bisa digunakan sebagai tempat tidur. Desainnya yang minimalis dan fungsional membuat sofa jenis ini banyak digemari untuk hunian minimalis. Sofa bed akan menjadi pilihan yang sempurna, jika Anda ingin menjadikan sofa sebagai tempat bersantai atau tiduran saat waktu luang.

Yang tidak kalah penting diperhatikan dalam memilih sofa minimalis adalah sesuaikan harga dengan anggaran yang dimiliki. Jangan memaksakan diri membeli yang mahal, karena yang mahal juga belum tentu bagus kualitasnya. Beli yang sesuai dan pastikan Anda selalu jaga kebersihan sofa.

Cari Sofa Minimalis Untuk Hunian? Inilah Tips Memilihnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat