Trik Sukses Menghilangkan Noda Sofa Sesuai Jenisnya

menghilangkan noda sofa

Ingin menghilangkan noda sofa? Selain debu dan kotoran, sofa juga kerap kotor karena noda membandel yang sulit dibersihkan. Noda ini bisa berasal dari mana saja, seperti makanan, minuman atau tinta. Noda yang menempel pada sofa memang sangat wajar dan sering terjadi, namun bukan berarti Anda bisa mengabaikannya begitu saja. Anda harus bisa menghilangkan noda tersebut supaya tidak merusak tampilan sofa.

Cara Menghilangkan Noda Sofa

Agar noda tidak menjadi permanen, Anda perlu menghilangkan noda sesegera mungkin. Namun Anda juga tidak bisa sembarangan melakukannya, pastikan caranya tepat sesuai dengan jenis nodanya. Untuk itu, Anda bisa perhatikan berikut ini:

1. Noda Makanan

Untuk menghilangkan noda makanan, Anda perlu kain bersih, spons lembut dan air sabun. Usahakan menggunakan air hangat, kecuali bila noda tersebut berasal dari dairy food. Namun jika bingung dengan sumber noda makanan, lebih baik pakai saja air dingin. Jika cara ini tidak berhasil, coba bersihkan dengan gunakan detergen cair yang memiliki enzim didalamnya.

2. Noda Bir dan Kopi

Untuk menghilangkan noda sofa jenis bir dan kopi, Anda bisa menggunakan es batu sebagai langkah awal. Gosokkan es batu di permukaan noda lalu lanjutkan dengan membersihkan menggunakan campuran air hangat dan sedikit detergen cair. Bersihkan noda dengan campuran ini memakai kertas tisu.

3. Noda Minyak

Bersantai di sofa sambil makan gorengan memang sangat nikmat. Sampai tanpa disadari, kita malah mengotori sofa dengan noda minyaknya. Namun tenang saja, Anda bisa mudah menghilangkan noda tersebut menggunakan pasta soda kue.

Caranya, aplikasikan pasta soda kue pada noda selama 10 menit lalu lanjutkan membersihkan dan gunakan vodka untuk menghilangkan sisanya. Cara lainnya, Anda bisa gunakan sabun cuci piring dan gosok-gosok memakai sikat gigi.

4. Noda Buah Berry dan Anggur

Noda dari buah-buahan ini memiliki warna yang sangat gelap pekat dan memang sulit dihilangkan. Namun bukan berarti nodanya tidak bisa hilang, ada cara yang efektif untuk membersihkan noda jenis ini. Yaitu dengan menggunakan sparkling water dan selembar kain.

Bila tidak berhasil, campurkan saja cuka, detergen dan air lalu aplikasikan pada noda. Jangan lupa, segera keringkan menggunakan kain setelah noda berhasil dihilangkan.

5. Noda Tinta

Ketika menggunakan pulpen atau spidol di sofa, terkadang secara tidak sengaja kita malah meninggalkan tinta pada permukaan sofa. Nah, untuk membersihkan nodanya Anda bisa gunakan alkohol secukupnya.

Namun alih-alih membersihkan dengan menggosoknya, lakukan dari bagian paling luar hingga bagian terdalam. Dengan begitu, noda tinta tidak akan semakin meluber.

Noda tinta memang yang paling sulit. Jika Anda tidak yakin mampu, Anda bisa hubungi jasa pencucian sofa.

Tips Membersihkan Noda Pada Sofa

Supaya proses menghilangkan noda sofa tidak merusak bahan dan warnanya, sebaiknya ketahui juga beberapa tipsnya berikut ini:

  • Hindari Cairan Pembersih

Selama penggunaan bahan-bahan di atas berhasil untuk menghilangkan noda, sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih yang formulanya keras. Hal ini untuk menjaga permukaan sofa tidak rusak akibat dari penggunaannya. Selain itu, gunakan juga kain yang permukaannya lembut untuk menggosoknya.

  • Hanya Bersihkan Bagian Yang Bernoda

Usahakan proses pembersihan hanya fokus pada bagian sofa yang terkena noda saja. Jangan melebar ke bagian lainnya untuk menghindari noda malah semakin meluas ke mana-mana dan sofa menjadi semakin basah. Terkecuali jika Anda memang berniat mencuci sofa secara keseluruhan.

  • Ulangi Pembersihan

Untuk memastikan noda benar-benar bersih, Anda bisa ulangi membersihkan sofa. Gunakan kain yang telah di celup air sabun, tekan-tekan pada bekas noda dan gosok lagi perlahan. Setelah itu, lap menggunakan lap kering lalu keringkan.

Untuk menghilangkan noda sofa, penting memastikan cara yang digunakan benar-benar efektif dan tidak merusak sofa. Dengan begitu, sofa kesayangan Anda pasti akan benar-benar bersih dari noda dan lebih awet digunakan.

Trik Sukses Menghilangkan Noda Sofa Sesuai Jenisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat