Cara Laundry Springbed Menghilangkan Debu dan Kutu

laundry springbed

Ingat kapan terakhir kali Anda laundry springbed? Supaya kasur springbed tetap wangi, empuk dan nyaman dipakai saat tidur, Anda harus secara rutin membersihkannya.

Tak melulu harus dengan memanggil jasa laundry profesional. Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Jadi setiap kali springbed terkena noda atau sudah harus di laundry, Anda bisa langsung melakukannya sendiri. Lantas bagaimana caranya?

Kenapa Springbed Harus Dibersihkan?

Sebelum berlanjut mengetahui cara laundry springbed, tahukah Anda kenapa springbed perlu dibersihkan? Jika dilihat sekilas, tempat tidur Anda tampaknya mungkin baik-baik saja meski sudah lama tidak di laundry. Namun bagaimana saat Anda tidur di atasnya? Anda pasti kurang nyaman, bukan? Karena itulah springbed harus dibersihkan.

Springbed yang kotor dan penuh debu, kerap menjadi sarang pertumbuhan jamur dan kuman bahkan kutu. Jika seperti itu, bukan tidak mungkin bila springbed akan menjadi sumber penyakit. Jadi bukan hanya membuat tidur tidak nyaman dengan bau dan noda. tidur di springbed yang kotor juga dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan, mulai dari batuk, kulit gatal hingga memicu gejala alergi.

Cara dan Tahapan Laundry Springbed

Anda pasti tidak nyaman,kan kalau tidur di springbed kotor? Oleh karena itu agar tidur bisa nyenyak, Anda harus rajin-rajin mencuci springbed agar awet bersih. Nah, berikut ini adalah cara dan tahapan laundry springbed di rumah yang bisa Anda ikuti:

1. Singkirkan Semua Benda Di Atas Kasur

Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan semua hal yang biasa Anda letakkan di atas kasur springbed mulai dari bantal, guling, selimut dan lain-lain. Setelah itu, sekalian juga lepaskan sarung bantal dan guling serta selimut untuk kemudian dicuci. Jadi sembari mencuci springbed, akan lebih baik lagi jika Anda mencuci perlengkapannya juga.

2. Lepaskan Sprei

Selesai menyingkirkan semua benda dari atas kasur, langkah selanjutnya adalah melepaskan sprei yang digunakan menutupi kasur. Jika Anda juga menggunakan mattress protector alias pelindung kasur, maka lepaskan juga matras tersebut. Kemudian ikutkan sprei ke dalam cucian bersama sarung bantal dan selimut.

3. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah semua yang menutupi kasur terlepas, maka saatnya Anda untuk mencuci kasur springbed. Namun sebelum itu, siapkan terlebih dulu alat dan bahan yang akan digunakan. Seperti vacuum cleaner, kain lap bersih atau lap microfiber, air dingin, sabun, dan semprotan desinfektan atau pembunuh kuman. Anda juga bisa membuat cairan pembunuh kuman ini sendiri dengan mencampurkan soda kue dan air, atau mencampur air dengan garam dan cuka.

4. Vakum Springbed

Untuk membersihkan permukaan kasur springbed dari debu dan segala macam kotoran seperti kulit mati, rambut, remah makanan dan lain sebagainya, maka springbed Anda perlu divakum. Namun sebelum Anda memulai, pastikan lebih dulu vacuum cleaner sudah bersih sehingga tidak akan merusak atau mengotori kasur saat digunakan menyedot debu yang ada di permukaan kasur.

5. Bersihkan Noda Di Permukaan

Setelah selesai divakum, springbed kemudian dapat dicuci dengan dibersihkan noda-nodanya yang ada di permukaan. Mulailah dari membersihkan noda yang paling jelas, baru kemudian bersihkan springbed secara keseluruhan. Cara untuk membersihkan noda ini bisa Anda lakukan dengan menyemprotkan air dingin pada noda lalu tepuk-tepuk dengan kain lap sampai bersih. Setelah noda hilang, semprotkan cairan disinfektan dan lanjutkan untuk membersihkan kasur secara keseluruhan. Terakhir, lap springbed dengan di semprot cairan disinfektan.

6. Jemur Di Bawah Sinar Matahari

Untuk mengeringkan springbed setelah dicuci, pilihan terbaik adalah dijemur di bawah sinar matahari. Namun jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa gunakan kipas angin atau hair dryer untuk membuatnya cepat kering.

Demikianlah cara laundry springbed untuk membersihkannya dari segala jenis kotoran dan kutu. Jika springbed bersih dan wangi, dijamin tidur Anda pasti akan nyaman dan nyenyak.

Cara Laundry Springbed Menghilangkan Debu dan Kutu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat