Tips Paling Efektif Cuci Sofa Kain

cuci sofa

Sofa rumah Anda penuh dengan debu dan kotoran? Jika iya, tandanya Anda perlu cuci sofa untuk membersihkannya dari kotoran yang menempel.

Sama seperti furniture lain, sofa juga sering menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran. Terlebih untuk sofa kain yang memang lebih mudah kotor sehingga harus sering dibersihkan dan dirawat dengan baik agar tidak menjadi kusam dan tetap nyaman digunakan.

Untuk perawatan harian, Anda bisa terapkan tips berikut ini. Namun, untuk perawatan tahun, ada baiknya Anda hubungi jasa mencuci sofa professional yang melakukannya. Karena sudah bisa dipastikan banyak kain sudah mulai kusam dan perlu treatment yang berbeda.

Cara Membersihkan Sofa Kain

Untuk mencuci sofa, sebenarnya tidak ada metode khusus yang harus dilakukan, Anda bisa mencoba berbagai teknik yang ada. Namun untuk Anda yang ingin cuci sofa kain, berikut adalah caranya yang bisa Anda ikuti:

1. Singkirkan Debu dan Kotoran

Singkirkan semua debu dan kotoran yang terdapat di sofa terlebih dulu, sebelum menggunakan bahan atau produk pembersih sofa apapun. Untuk hal ini Anda bisa memilih memakai lap kering, kemoceng atau sikat berbulu halus. Jika ingin lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan mesin pengisap debu dengan ujung yang berbulu agar tidak merusak bahan pelapis sofa.

2. Tangani Bercak-Bercak Kotoran

Meskipun noda dan kotoran sudah disingkirkan, akan tetapi ini seringkali masih meninggalkan bekas atau bercak. Untuk itu, Anda bisa gunakan tisu basah atau kain mikrofiber yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk dipakai mengelap sofa. Lap pada bagian sofa yang ada bercak noda atau kotoran, gosok perlahan hingga bercak memudar. Sebaiknya, tes lebih dulu bahan atau produk pembersih yang akan dipakai ke bagian yang tersembunyi di sofa untuk mengetahui apakah produk aman digunakan pada sofa atau tidak.

3. Bersihkan Keseluruhan Permukaan Sofa

Gunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi larutan detergen untuk menyeka kain penutup sofa secara perlahan. Diamkan sebentar agar kandungan larutan bisa bekerja mengatasi kotoran di bawah permukaan sofa. Usahakan kain hanya lembap dan tidak basah agar tidak terlalu membasahi sofa. Untuk itu, sebelum digunakan peras kain hingga tidak ada airnya yang menetes.

4. Keringkan Sofa

Untuk mengeringkan sofa, Anda bisa menggunakan alat pengering rambut jika ingin mendapat hasil yang cepat. Namun akan lebih baik lagi, jika pengeringan ini dilakukan dengan membiarkan sofa sampai kering sendiri secara alami. Nah, untuk mempercepat proses tersebut, Anda bisa membuka jendela dan biarkan angin memasuki ruangan dan mengerikan sofa.

5. Hilangkan Bau Pada Sofa

Setelah sofa bersih dan kering, langkah selanjutnya adalah menghilangkan bau tidak sedap pada sofa. Anda bisa gunakan baking soda dengan menaburkannya di permukaan sofa kemudian diamkan selama minimal 20 menit dan vakum sofa dengan sikat hingga wangi dan segar.

Tips Merawat Sofa Kain

Agar kegiatan cuci sofa lebih ringan, Anda harus bisa merawat dan menjaga sofa tetap bersih sebelum waktu mencuci. Untuk itu, berikut tips merawatnya:

  1. Apabila permukaan sofa terkena noda, secepat mungkin bersihkan noda apapun itu sebelum mengering, jangan dibiarkan begitu saja. Noda yang baru menempel cenderung lebih mudah dibersihkan daripada noda lama yang sudah kering dan meresap ke dalam serat kain sofa.
  2. Lakukan penyedotan debu pada sofa dan kursi minimal sekali dalam seminggu. Akan lebih baik jemur juga bantalan sofa agar debu yang menempel bisa hilang dan bantal tetap empuk dan bersih.
  3. Jika ada bagian-bagian sofa yang bisa dilepas seperti kain pembungkus sofa dan bantal, secara rutin cucilah bagian tersebut untuk menjaganya tetap bersih.
  4. Sebaiknya hindarkan sofa dari sinar matahari secara langsung agar warna sofa tidak memudar dan lebih awet.

itulah cara cuci sofa kain dan tips merawatnya agar awet bersih dan tidak kusam. Cara-cara ini sangat mudah dilakukan, jadi Anda pasti bisa mempraktikkannya di rumah.

Tips Paling Efektif Cuci Sofa Kain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat