Noda Pada Sofa Beludru? Tak Perlu Khawatir Lagi

noda pada sofa beludru

Dibandingkan jenis sofa bahan lainnya, membersihkan noda pada sofa beludru memang terbilang lebih sulit. Oleh karena itu Anda harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan noda pada sofa jenis ini.

Salah-salah, bukannya berhasil menghilangkan noda, Anda justru malah bisa merusak sofa beludru. Untuk itu, agar sofa beludru bersih dan awet, penting untuk Anda merawatnya dengan baik.

Cara Membersihkan Noda Pada Sofa Beludru

Sofa beludru termasuk jenis sofa yang sensitif noda karena mudah menyerap debu dan cairan. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki sofa ini di rumah, pastikan untuk mengetahui cara membersihkan nodanya berikut ini:

1. Bersihkan Debu dan Kotoran

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan noda debu dan kotoran yang ada di permukaan sofa. Anda bisa gunakan vacuum cleaner atau kemoceng dalam hal ini.

Namun akan lebih baik bila Anda gunakan vacuum cleaner pada jenis sofa beludru. Sebaiknya pasang juga sikat tambahan pada vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan sofa secara menyeluruh.

2. Gunakan Cairan Pembersih

Setelah sofa bersih dari kotoran dan debu, maka selanjutnya Anda bisa gunakan cairan pembersih untuk menghilangkan noda membandel di sofa beludru seperti noda kopi, minyak, makanan atau lainnya. Namun sebelum itu, pastikan gunakan cairan pembersih yang lembut seperti sabun cuci piring.

Campurkan air dan sabun cuci piring dalam botol spray lalu kocok-kocok hingga menghasilkan busa. Gunakan cairan tersebut untuk menyemprot noda pada sofa beludru lalu lap menggunakan handuk kering secara perlahan dengan gerakan lembut.

Lakukan cara ini sampai noda hilang dan jangan lupa bersihkan kembali menggunakan air bersih setelah noda hilang.

3. Gunakan Cairan Cuka

Apabila cara menghilangkan noda pada sofa kain beludru di atas tidak berhasil, cobalah dengan menggunakan cairan cuka untuk membersihkannya. Tuang cuka secukupnya ke dalam wadah lalu tambahkan air ke dalamnya.

Kemudian ambil handuk dan celupkan ke dalam campuran cuka, peras agar handuk tidak terlalu basah dan gunakan untuk mengelap kembali bagian sofa yang bernoda. Lakukan cara ini secara berulang hingga noda pada sofa benar-benar hilang.

4. Gunakan Sikat Berbulu Halus

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan tapi noda pada sofa beludru masih belum juga hilang. Mungkin Anda harus menggunakan sikat untuk membersihkannya hingga benar-benar bersih.

Sikatlah bagian sofa yang sudah di semprot cairan tadi menggunakan sikat berbulu halus agar serat beludru tidak saling menempel. Setelah noda hilang dan proses pembersihan selesai, jemurlah sofa di tempat yang sejuk atau angin-anginkan untuk mengeringkannya.

Tips Merawat dan Membersihkan Sofa Beludru

Selain cara menghilangkan noda sofa beludru, ketahui juga beberapa tips merawat dan membersihkannya berikut ini:

  • Ketika ingin membeli produk pembersih untuk sofa, hindari memilih pembersih yang berbahan kimia keras. Karena dapat merusak serat-serat kain beludru dan malah membuat sofa Anda kusut sebab efek terkena kimianya yang keras.
  • Untuk menyikat sofa, pastikan Anda menggunakan sikat yang bulunya halus dan lakukan saat sofa dalam keadaan lembab. Jangan menyikat sofa dalam keadaan kering sebab itu dapat merusak sofa beludru Anda.
  • Bersihkan sofa beludru secara teratur dan berkala, jangan sampai kotoran dan debu menumpuk hingga menempel kuat dan sulit untuk dibersihkan.

Supaya noda pada sofa beludru lebih mudah dibersihkan, usahakan sesegera mungkin bersihkan sebelum noda kering dan meresap pada serat beludru. Karena pada dasarnya, noda baru lebih mudah dibersihkan daripada noda lama.

Jika sudah terlama lama nodanya, sebaiknya Anda minta bantuan jasa cuci sofa. Mereka memiliki bahan kimia yang efektif tapi tidak merusak sofa.

Noda Pada Sofa Beludru? Tak Perlu Khawatir Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
WhatsApp chat